Portal Berita Hari Ini

Kabar Duka Datang Dari HKBP, Mantan Ephorus Pdt PWT Simanjuntak Dimakamkan di Sigumpar

Toba, Nusantaratop – Pdt PWT Simanjuntak, Eporus Emeritus HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) meninggal dunia dan disemayamkan di Gereja HKBP Pargaolan Kecamatan Sigumpar, Kabupaten Toba, Rabu (2/6/2021).

Almarhum selanjutnya akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Lumbanjulu, Kecamatan Sigumpar, sebagai tempat kelahirannya.

Sosok mantan Ephorus (Emeritus) HKBP Pdt.PWT Simanjuntak, semasa hayatnya diketahui dikenal sosok yang lembut, tegas, namun juga berwibawa.

Sebelum tiba di Gereja HKBP Pargaolan, sejumlah pendeta HKBP tampak menanti kedatangan jasad mantan Ephorus HKBP Pdt.PWT Simanjuntak yang tutup usia pada 85 tahun.

Pendeta HKBP Nixon Sitorus kepada wartawan menjelaskan, untuk pelaksanaan pemakaman digelar upacara penghormatan terakhir dengan menggelar ibadah bersama di Gereja untuk memberangkatkan Ephorus Emeritus HKBP Pdt.PWT Simanjuntak yang dipimpin Ephorus HKBP Robinson Butarbutar.

“Setibanya jasad almarhum di Gereja HKBP Pargaolan ini dari Bandara Internasional Silangit, para pendeta yang hadir di sini bersama sama mengikuti acara persemayaman Oppui Epeorus Emeritus Pdt. PWT Simanjuntak,” ungkapnya.

Acara ibadah persemayaman almarhum Eporus Emeritus Pdt.PWT Simanjuntak dipimpin Oppui Ephorus HKBP bersama dengam beberapa pimpinan HKBP lainnya.

Di lokasi, semua pendeta yang hadir menyambut kehadiran jasad sang Ephorus Emeritus di depan gereja untuk pelaksanaan tata acara ibadah hingga prosesi acara penutupan peti jenazah.

Dari beberapa sumber di lokasi, Ephorus Emeritus Pdt PWT Simanjuntak juga diketahui anak dari seorang pendeta.

“Sosok Pdt. PWT Simanjuntak mantan Ephorus (Ephorus Emeritus) HKBP dari orangtuanya Pdt. Cyrellius Simanjuntak adalah orang yang sangat ternama di masa lalu hingga saat ini. Ayahnya adalah sosok penginjil ternama di organisasi jemaat HKBP yang selanjutnya perjuangannya dilanjutkan oleh anaknya Pdt. PWT Simanjuntak yang masa hayat PWT di HKBP menduduki jabatan tertinggi Ephorus (pucuk pimpinan tertinngi Gereja HKBP),” bilang sumber.

Beberapa warga desa setempat mengakui, keluarga almarhum adalah keluarga terhormat dan sangat dihormati di desa ini. Apalagi di akhir masa hayatnya, PWT Simanjuntak berhasil menduduki jabatan tertinggi di HKBP menduduki kursi jabatan Ephorus.

“Oppui PWT Simanjuntak sangat dihormati di tempat ini selaku pimpinan HKBP pada periode masa-masa sulit waktu itu,” terang Oslom Simanjuntaak (63) warga desa sekitar pemakaman.

Mantan Ephorus (Emeritus) PWT Simanjuntak direncakan akan dikebumikan di tanah kelahiran almarhum. “Tempat ini adalah kelahiran beliau. Jadi rumah kelahiran beliau ada di Lumban Bagasan. Dan oppui inilah yang memperbaiki gereja ini. Peran Oppui Ephorus (Emeritus) PWT Simanjuntak di HKBP Pargaolan ini sangat banyak,” sambungnya.(red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.