Portal Berita Hari Ini

Putus Rantai Virus Corona, Polres Tapteng Siaga Dirikan Sejumlah Pos PPKM

Tapteng, Nusantaratop – Kepolisian Resor Tapanuli Tengah (Polres Tapteng) mendirikan Pos Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro di wilayah hukumnya. Pendirian sejumlah posko itu guna memutus rantai penyebaran Covid – 19.

Hal itu dikatakan Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto melaui Kasubbag Humas Polres Tapteng, AKP Horas Gurning, dalam press relisnya Jumat (4/6/2021).

“Dengan adanya Pos PPKM di tingkat Desa/Kelurahan tersebut dirasakan cukup membantu dalam memutus mata rantai penyebarannya (Covid – 19 red). Maka pos pos PPKM berskala Mikro kembali diterapkan, bahkan hingga tingkat Lingkungan, RW dan RT,” tulis AKP Horas Gurning, yang diterima Nusantaratop.com melalui pesan WA, Jumat (4/6/2021).

Berikut upaya-upaya yang dilaksanakan personil Polres Tapteng dalam pendirian sejumlah posko PPKM berskala Mikro itu;

  1. Melaksanakan Kegiatan Ops Yustisi yang  dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Penanganan Covid19 Kab. Tapanuli Tengah yag terdiri dari unsur TNI, POLRI dan Pemda Kab. Tapanuli Tengah, dan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka penertiban protokol Kesehatan dengan sasaran Rumah Makan, Cafe, Objek Wisata, Tempat Perbelanjaan dan Pasar serta Pengguna jalan yang tidak mematuhi Protokol Kesehatan, dengan dikandung maksud masyarakat sadar akan pentingnya mengikuti Protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah.
  2. Adapun kegiatan Kegiatan yg dilaksanakan petugas yang ada Pos PPKM yang terdiri dari unsur TNI (Babinsa), POLRI (Bhabinkamtibmas) dan Kelurahan/Desa dan Nakes  dalam mencegah penyebaran Covid 19 dengan cara :

a. Melaksanakan Penyemprotan Disinfektan di Pemukiman warga.

b. Memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap mematuhi Prokes dengan sasaran                                Pemukiman warga, Lokasi kerumunan, masyarakat yang kontak langsung dengan pasien Covid-19.

c. Melaksanakan kegiatan Tracing, dan Testing kepada masyarakat yang terinfeksi Covid-19 dan yang kontak langsung  dengan pasien Covid-19.

d. Mengecek Masyarakat yang di Isolasi.

Selain pelaksanaan kegiatan Pos PPKM Mikro tersebut Polres Tapteng dan Jajarannya juga melaksanakan

– Kegiatan Penyemprotan Disinfektan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid19 dilaksanakan selain pemukiman warga juga dilaksanakan di Perkantoran Polres Tapteng dan Polsek Jajaran secara rutin dan juga rumah Ibadah.

– Melaksanakan Vaksinasi kepada Personil Polres Tapanuli Tengah yang dilaksanakan Urkes yg bekerja sama dengan Dinkes di FKTP Polres Tapanuli dan kepada personil sdh dilaksanakan dua kali Vaksin.

– Dalam upaya pencegahan Virus Covid-19 juga dilaksanakan kegiatan :

– Vaksinasi Massal sebanyak 3 kai.

– Membubarkan keramaian 96  Kali.

– Ops Yustisi sebanyak 10.317 kali.

– Bagi bagi Masker sebayak 3.381

Kasubbag Humas Polres Tapteng menyampaikan dengan adanya posko pemutusan Corona, Kapolres Tapteng berharap TNI/POLRI dan Pemerintah Kabupaten Tapteng agar tetap Solid dan bersinergi dalam memberikan edukasi/himbauan tentang pentingnya mengikuti Prokes Covid-19.

“Kapolres Tapanuli Tengah juga sangat berharap peran serta Tokoh masyarakat, Pemuka Agama dan Pemuda dan juga kepada Insan Pers (Media) untuk ikut berperan aktif memberikan himbauan kepada masyarakat dalam kegiatan pencegahan virus Covid19,” pungkas Horas.

Editor : Pahotan H

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.