Portal Berita Hari Ini

Pemerintah Tingkatkan Tes Corona 4 Ratus Ribu Per Hari

Jakarta, Nusantaratop – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan tes Corona di dalam negeri akan ditingkatkan menjadi 400 ribu per hari. Langkah ini diambil berkaca dari pengalaman India yang mengalami lonjakan kasus COVID-19.

Awalnya Menkes Budi Gunadi mengakui bahwa virus Corona varian Delta lebih cepat menyebar. Provinsi DKI Jakarta, yang melakukan tes COVID 6 kali dari standar WHO, pun dinilai masih belum memuaskan.

“Kami mengakui memang sejak (varian) Delta ini masuk, cepat sekali menularnya varian Delta ini. Sehingga testing-nya kita di beberapa provinsi, termasuk DKI Jakarta, yang sudah 6 kali WHO, itu ternyata masih tak cukup,” kata Menkes Budi Gunadi dalam rapat kerja Komisi IX DPR RI, yang disiarkan YouTube DPR RI, Senin (5/7/2021).

Oleh sebab itu, kebijakan terbaru Kemenkes adalah testing Corona akan dinaikkan. Testing yang awalnya 100 ribu kini dinaikkan menjadi 400 ribu dalam sehari.

“Karena kita bisa dari positivity rate-nya jauh naik. Kita sudah membuat kebijakan PPKM Darurat, bahwa testing kita akan dinaikkan secara agresif dari sekitar 100 ribu per hari seperti sekarang, menjadi 400 ribuan per hari,” ujarnya.

Menkes Budi Gunadi mengatakan sudah diadakan list dari daerah. Target testing ini, menurut Menkes Budi Gunadi, belajar dari pengalaman India menangani lonjakan kasus COVID-19.

“Kalau positiivity rate-nya di atas 25 persen, maka targetnya bukan 1 per seribu per minggu, tapi 15 per seribu per minggu, demikian selanjutnya. Jadi kita tingkatkan secara agresif, belajar dari India mengenai testing ini,” imbuhnya.(red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.