Portal Berita Hari Ini

Warga Langkat Sumut Minta Fungsikan Lahan Kosong Tanam Manrove

Langkat, Nusantaratop  – Kelompok Maju Pelawi Langkat lakukan sosialisasi pada warga agar tetap menjaga hutan mangrove atau yang sering disebut hutan bakau di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Ketua Kelompok Maju Pelawi Langkat Irfan Sholihin  mengatakan mengingat luasnya lahan hutan di Kabupaten Langkat  perlu dilakukan kerjasama penanaman kembali hutan.

“Kita yang ada di Langkat perlu kerja sama terutama dalam penanaman kembali hutan mangrove di daerah pesisisr pantai Teluk Haru yang kita cintai ini,” ujar Irfan terhadap warga Langkat di pantai Teluk Haru, Kecamatan Pangkalan Susu, Minggu (5/12/2021).

Menurutnya, menanam hutan bakau akan menguntungkan masyarakat pesisir pantai dan para nelayan di Langkat.”Begitu banyak lahan kosong di Langkat untuk dijadikan sebagai pendapatan perekonomian masyarakat pesisir pantai dan nelayan,” ucap Irfan.

Sementara itu seorang nelayan Langkat, Buyung  menyetujui dan mengapresiasi ajakan Kelompok Maju Pelawi. Menurutnya bila dilaksanakan penanaman bibit bakau akan menambah penghasilan tangkapan ikan, selain itu katanya mampu membuat nyaman dari terjangan tsunami.

Kelomp[ok Maju Pelawi Kabupaten Langkat (ist)

“Apa bila selalu kita lakukan penanaman bakau, maka kami para nelayan pada umumnya tidak sulit lagi mencari ikan sampai ke tengah laut. Karena ikannya sudah ada yang bertempat di hutan bakau,” kata Buyung.

Hal senanada disampaikan Ketua Partai Keadilan Persatuan ( PKP ) kabupaten Langkat Parsaoran Butarbutar juga sangat mendukung penanaman bakau di pesisir Langkat. Ia menjelaskan hutan bakau merupakan bagian dari  paru-paru lingkungan hidup sekitarnya.

“Kami juga sagat mendukung untuk penanaman kembali pohon Bakau  dan kita harapkan bersama-sama menjaga kelestarian hutan ini . Hutan bakau ,memiliki keuntungan yang sagat besar  yakni menimbulkan oksigen bersih, mampu menjaga abrasi pantai dan juga menjaga dan mapu melindung ikan untuk bertelur,” jelas Parsaoran.(red)

Laporan:  Husni

Editor : Pahotan

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.