Portal Berita Hari Ini

Dairi Masuk ke Zona Oranye, Sementara Medan Pada Zona Merah Corona

Medan, Nusantaratop – Kota Medan kembali ditetapkan sebagai daerah berzona merah (risiko tinggi) Covid-19 dari sebelumnya tergolong zona oranye (risiko sedang)

Di waktu yang sama, Kabupaten Dairi yang sebelumnya menyandang sebagai satu-satunya daerah di Sumut dengan zona merah, kini statusnya jadi zona orange (risiko sedang).

Penetapan status zonasi risiko Covid-19 tersebut dilakukan melalui hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah perbatasan 6 Juni 2021 yang diperbaharui secara mingguan oleh Satgas Penanganan Covid-19 pusat melalui laman covid19.go.id/peta-risiko.

Sebagaimana diketahui, Selasa (8/6/2021) peta zonasi risiko daerah ini dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat baik berupa epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya.

Dalam data yang diperbaharui kali ini, untuk zona orenge terdapat 19 Kabupaten/Kota termasuk di dalamnya Kabupaten Dairi. Kemudian terdapat juga Tanjungbalai, Tebingtinggi, Pakpak Bharat, Samosir, Deliserdang, Tobasa, Sibolga, Sergai, Batubara, Gunung Sitoli, Tapsel, Karo, Simalungun, Binjai, Padangsidimpuan, Labura, Taput dan Langkat.

Sedangkan untuk zona kuning, disebutkan ada 10 Kabupaten/Kota, yakni Tapteng, Nias, Paluta, Labusel, Padang Lawas, Labuhanbatu, Madina, Humbahas, Asahan dan Pematangsiantar. Terakhir zona hijau, masih bertahan Kabupaten Nias Barat, Nias Utara dan Nias Selatan.

Terpisah, berdasarkan update data yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Sumut pada Senin (7/6/2021) total akumulasi kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Medan kini berjumlah 16.688 orang usai bertambah 33 kasus baru. Dari jumlah itu, 15.256 diantaranya sembuh usai bertambah 17 orang dan 523 lainnya meninggal dunia.

“Sehingga kasus aktif Covid-19 di Medan saat ini ada 909 orang,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Aris Yudhariansyah, seperti dikutip dari medanbisnisdaily.

Lalu untuk Kabupaten Dairi, total akumulasi kasus konfirmasi positif Covid-19 nya sebesar 440 orang usai bertambah 5 orang. Dari jumlah itu, 318 diantaranya sembuh usai bertambah 6 orang dan 22 lainnya meninggal usai bertambah 1 orang.

“Untuk kasus aktif di Dairi kini ada 100 orang,” jelasnya.

Sumut sendiri, total akumulasi kasus positifnya saat ini berjumlah 32.627 orang dengan 29.121 diantaranya sembuh dan 1.074 lainnya meninggal. Sehingga kasus aktif Covid-19 Sumut saat ini berjumlah 2.432 orang.(red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.