Portal Berita Hari Ini

Video Viral Aniaya Pedagang Sayur Pasar Gambir, AJH : Dasar Apa Korban Jadi Tersangka?

Deliserdang, Nusantaratop – Ketua Aliansi Jurnalis Hukum Dofu Zogamon Gaho mengecam tindakan dari Polsek Percut Sei Tuan yang menetapkan pedagang sayur, Litiwari Iman Gea yang merupakan korban penganiayaan oleh preman di Pasar Gambir, menjadi tersangka.

Dofu mengatakan Litiwari Iman Gea yang merupakan korban penganiayaan oleh preman di Pasar Gambir, menjadi tersangka. Ia mengaku heran atas alasan kepolisian mengubah status korban menjadi tersangka.

“Videonya viral loh, kita semua lihat dengan jelas. Lantas dasar apa korban jadi tersangka?. Tidak mungkin seorang perempuan bisa melawan laki-laki seorang preman bisa berbadan tegap,” ujar Dofu dengan nada sedikit keras Sabtu (9/10/2021) seperti dilansir dari Sumuttimes.co.

Menurutnya, seorang penyidik harus profesional dengan mengedepankan penegakan hukum yang berkeadilan. Oleh karena itu, katanya penyidik Polri wajib menjunjung tinggi hak asasi manusia, sesuai dengan  Pasal 3 huruf f Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Anggota Polri (PP 2/2003) jo. Pasal 10 huruf a Peraturan Kapolri Nomor 14 tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Kepolisian Republik Indonesia.

Dofu juga meminta Polda Sumut mengambil alih kasus tersebut. Hal ini mengingat Polsek Percut Sei Tua yang tidak mengindahkan instruksi Kapoldasu untuk tidak boleh kalah dengan aksi premanisme.(red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.