Portal Berita Hari Ini

Ketua PKP Simalungun Jaserman Saragih : Kita Harap Perusahaan KEK Memprioritaskan Tenaga Kerja Simalungun

Simalungun, Nusantaratop – Beberapa perusahaan yang beroperasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) kian bertambah di Sei Mangkei, Kecamatan Bosar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Peluang tenaga kerja tentu akan dibutuhkan.

Hal itu dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKP) Simalungun, Jaserman Saragih, Senin (13/9/2021).

“Kita berharap perusahaan-perusahaan di KEK Sei Mangkei lebih memprioritaskan tenaga kerja putra-putri daerah Kabupaten Simalungun karena merupakan kampung sendiri,” kata Jaserman.

Menurutnya, perusahaan yang memiliki luas 1993,8 hektare itu patut mempersiapkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berkualitas.

“Bagi lulusan SMK yang tidak melanjutkan kuliah lebih baik mencoba melamar pekerjaan guna menghindari pengangguran,” ujar Ketua PKP Simalungun.

“Kabupaten Simalungun sangat beruntung. Artinya, ada peluang besar untuk meminimalisir pengangguran di Simalungun,” pungkas Jaserman.

Sebelumnya, Kepala Administrator KEK Sei Mangkei Pemerintah Kabupaten Simalungun, Ikuten Ginting mengatakan, sebanyak 6 perusahaan besar sudah beroperasi di KEK Sei Mangkei.

“Sudah 6 perusahaan beroperasi. Bahkan, 4 perusahaan lagi sedang mengusulkan permohonan atau rencana investasi,” kata Ikuten seperti dilansir dari HarianSIB.com.

Ke 6 perusahaan yang sudah beroperasi itu yakni, PT Unilever Oleochemical Indonesia, PT Industri Nabati Lestari (INL), PT Air Products Indonesia (API), PT Pertamina Gas, PT Pertamina Power Indonesia dan PLN (Persero).

Sementara itu, 4 perusahaan yang sedang dalam tahap rencana investasi yakni, PT Ailesh Indo Energi, PT Nasional Hijau Lestari (pengolahan limbah), Alliance (sabun) dan PT Sumatera Deli Lestari Indah (pengolahan limbah B3).

“PT All Cosmos Biotek kini dalam tahap pematangan lahan dan belum melakukan kegiatan apapun karena pandemi COVID-19,” ujarnya.

Sampai saat ini, katanya ada sekitar 2.600 tenaga kerja di KEK Sei Mangkei. 60 persen di antaranya merupakan putra putri daerah Kabupaten Simalungun,” pungkasnya. (red/sib)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.