Portal Berita Hari Ini

Ujian SIMAK UI Digelar 19-20 Juni, Berikut Informasinya

Jakarta, Nusantaratop – Ujian Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) untuk program vokasi, S1 reguler dan S1 paralel 2021 akan digelar pada 19 dan 20 Juni 2021. Simak informasi awal yang perlu diketahui peserta ujian nantinya untuk mempersiapkan diri agar diterima di kampus yang masuk 300 besar dunia versi QS WUR ini.

Dilansir dari laman simak.ui.ac.id, Sabtu (12/6/2021), tiap peserta SIMAK UI akan mengikuti ujian pada 19 dan 20 Juni sesuai dengan jadwal atau jam yang telah ditentukan dan tertera di kartu ujian masing-masing peserta.

Berikut ini adalah informasi awal yang perlu diketahui peserta:

A. Perangkat Ujian

– Laptop dengan kamera
– Komputer desktop dengan webcam
– Tablet
– HP (landscape/horizontal) dengan resolusi minimal 1280×720

B. Aplikasi

– Firefox atau Chrome versi stbale terbaru.
Browser selain firefox dan chrome atau versi yang lebih rendah tidak didukung. Nonaktifkan aplikasi/ add ons yang terpasang di browser. Atur tanggal dan jam pada perangkat agar sesuai dengan waktu yang sebenarnya.

C. Pelaksanaan Ujian

– Pastikan koneksi internet anda sangat baik, SIMAK UI tidak bertanggungjawab atas permasalahan yang disebabkan gangguan koneksi internet peserta.

– Ujian dilaksanakan secara online menggunakan perangkat milik peserta (diutamakan laptop atau komputer desktop dengan webcam, jika tidak tersedia maka dapat menggunakan laptop atau hp yang dilengkapi dengan kamera). Disarankan ada perangkat cadangan.

– Monitoring ujian akan dilakukan menggunakan kamera pada perangkat. Akan ada peringatan yang muncul terkait perijinan kamera setelah log in.

– Ujian dilaksanakan serentak menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB). Peserta yang berada di lokasi dengan zona waktu selain WIB agar dapat menyesuaikan dengan WIB.

– Peserta telah mengunduh kartu ujian dan mengetahui no.ujian serta alamat website ujian yang tertera di kartu ujian. Dalam kartu ujian telah tertera waktu ujian.

– Peserta berpakaian rapi.

– Peserta harus mengerjakan ujian di ruangan tersendiri. Orang lain dilarang berada pada ruang ujian.

– Peserta dilarang menggunakan catatan, melihat buku, mencari jawaban di Internet, bertanya pada orang lain, dibantu atau diwakilkan selama mengerjakan ujian.

– Peserta dilarang mengambil gambar halaman ujian, menyalin atau menyebarkan soal ujian.

– Peserta dilarang menggunakan kalkulator.

– Pelanggaran akan diberikan sanksi berupa pembatalan hasil seleksi.

– Peserta menyiapkan alat tulis dan kertas kosong untuk coretan soal hitung.

– Peserta menempelkan kertas minimal berukuran 20 x 10 cm berisi kode sesi ujian (muncul di halaman ujian setelah log in) pada baju peserta. Kode ujian diharapkan terlihat di kamera.

– Peserta harus terkoneksi Internet selama ujian.

– Peserta hanya dapat mengikuti ujian selama waktu ujian berlangsung, tidak ada penambahan waktu maupun ujian susulan bagi peserta yang terlambat atau yang mengalami gangguan koneksi internet dan gangguan teknis lainnya. Waktu ujian tertera di kartu ujian.

– Peserta log in setelah waktu ujian berakhir tidak dapat mengikuti ujian dan tidak ada ujian susulan.

– Peserta diperkenankan menyediakan perangkat cadangan. Peserta dapat menggunakan perangkat cadangan jika terjadi masalah pada perangkat utama. Tutup laman pada perangkat utama, sebelum membuka laman di perangkat baru.

– Peserta wajib mematuhi peraturan ujian.

– Sistem penilaian: benar +4, salah -1, tidak diisi 0

Syarat dan Ketentuan Ujian SIMAK 2021 tertera dalam laman ujian hingga 15 menit sebelum waktu ujian.

Informasi dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan anda mengunjungi laman ujian yang tertera di kartu ujian menjelang pelaksanaan ujian.

Setidaknya, sempatkan mengunjungi laman ujian pada H-1 untuk memantau jika ada tambahan informasi. Muat ulang laman ujian jika hingga waktu ujian laman untuk log in belum terlihat.

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.