Portal Berita Hari Ini

Ribuan Ikan Lumba-Lumba Dibantai Habis-Habisan

Denmark, Nusantaratop – Berkisar 1.500 -an lumba-lumba dibantai di Kepulauan Faroe terpencil, wilayah Atlantik Utara, Demark yang terletak di tengah antara Skotlandia dan Islandia, Minggu. Lumba-lumba sisi putih itu diburu lalu digiring ke tepi dengan speed boat dan Jet Ski, untuk dibunuh.

Seperi dikutip dari The Washington Post, tradisi lokal yang dilakukan selama berabad-abad itu dikecam para pencinta lingkungan.

Banyak penduduk lokal mempertahankan kebiasaan perburuan itu dan dianggap yang terpenting untuk kebutuhan daging dan lemak lumba-lumba tersebut.

Para konservasionis memperkirakan bahwa pemburuan sehari lumba-lumba itu merupakan pembantaian terbesar diseluruh dunia dalam sejarah Faroe yang dimulai sejak 1980-an. Jumlah yang sangat besar itu mampu memberi makan masyarakat kepulauan berbatu itu yang berjumlah berkisar 50.000 orang.

“Biasanya daging dari grindadrap dibagikan di antara para peserta dan sisanya di antara penduduk setempat di distrik tempat perburuan berlangsung,” kata kelompok konservasi Sea Shepherd, yang telah berkampanye untuk menghentikan perburuan tradisional Faroe “Grind”.

“Namun ada lebih banyak daging lumba-lumba dari perburuan ini daripada yang ingin diambil siapa pun, jadi lumba-lumba itu ditawarkan ke distrik lain dengan harapan tidak harus membuangnya,” ia menambahkan

Ketua Asosiasi Penangkap Paus Faroe, Olavur Sjurdarberg, mengatakan kepada BBC bahwa para pemburu meremehkan ukuran polong, hanya menyadari kesalahan mereka mulai membunuh lumba-lumba.

“Itu kesalahan besar,” kata Sjurdarberg, yang tidak ikut berburu.

Sejak mereka pertama kali menetap di pulau-pulau terpencil, banyak warga Faroe menganggap daging ikan paus dan lumba-lumba sebagai bagian penting dari budaya dan sejarah makanan mereka. Meskipun bahkan mereka yang mempertahankan praktik tersebut khawatir jumlah perburuan tahun ini akan menarik perhatian yang tak diinginkan.

Anggota parlemen Denmark untuk Kepulauan Faroe, Sjurdur Skaale kepada BBC mengatakan membunuh lumba-lumba sisi putih merupakan perbuatan illegal.(red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.