Portal Berita Hari Ini

Garoga-Taput Dilanda Covid – 19, Dari 33 Menjadi 70 Orang Positif

Medan, Nusantaratop – Kondisi penyebaran virus Covid – 19 di kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara hingga kini dikabarkan kian meningkat signifikan.

Hal itu diperoleh Nusantaratop.com dalam pesan WA yang beredar, Rabu (19/05/2021), bahwa salah satu wilayah penyebaran virus berbahya itu berada di dusun Huta Gur-gur, Desa Aek Tangga, Kecamatan Garoga.

Dinyatakan dalam pesan itu ada sebanyak 148 orang terpapar Covid – 19 setelah menjalani hasil dari test PCR oleh pihak RSUD Tarutung pada Minggu 16 Mei 2021 kemarin.

“Horas amang inang (bapak-ibu) mohon doa untuk keadaan terkini Huria kita HKBP Hutagurgur Ress.Nauli Danohorbo. Berita terkini kemarin Minggu 16 Mei 2021, hasil RT-PCR RSUD Tarutung menyatakan positif covid 148 orang penduduk Dusun Hutagurgur Desa Aektangga, Kecamatan Garoga,” demikian isi dari pesan WA yang beredar itu.

Disampaikan, bahwa korban dari Covid – 19 itu naik signifikan bertambah 37 orang daimana sebelumnya 33 orang menjadi 70 orang terhadap jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Hutagurgur Ress. NDH.

“Jumlah ruas HKBP Hutagurgur Ress.NDH na dinyatakan positif covid naik dari 33 orang sekarang menjadi 70 orang (data lengkap dari Kecamatan & Pimpinan Jemaat setempat),” imbuhnya.

Tangkapan layar WA Yang beredar Tentang Kondisi Covid – 19 di Kecamatan Garoga, Tapanuli Utara, Sumut.

 

Menurut keterangan Pimpinan jemaat dalam isi pesan WA, sampai saat ini dilakukan lockdown (pencegahan tindakan darurat) selama 14 hari terhitung sejak hari Minggu 16 Mei 2021.

“Menurut keterangan Pimpinan jemaat, Dusun Hutagurgur dilockdown tertanggal kemarin 16 Mei 2021 sampai 2 Minggu ke depan tutup jalur keluar masuk”.

Dampak dari itu, hasil bumi tani di kabupaten Tapanuli Utara lumpuh, dan kebaktian gereja di desa Hutagurgur telah ditiadakan.

“Dgn demikian mereka tidak dpt menjual hasil tani mereka keluar. Kebaktian Minggu di gereja juga telah ditiadakan dan dialihkan ke rumah masing2 selama 2 Minggu ini,” tulisnya.

Diungkapkan, jemaat yang ada di desa Hutagurgur ada sebanyak 24 Kepala Keluarga (KK) dan positif 70 orang. Bantuan berupa sembako terhadap warga tersebut sudah disalurkan pemerintah.

“Jemaat kita Hutagurgur 24 KK dan positif 70 orang. Asi rohangku amang inang tu nasida, memang ro do bantuan sian pemerintah (merasa iba babak ibu terhadap mereka, memang bantuan sudah dating dari pemerintah – red) berupa Indomie, Susu, Roti dohot ikan asin ninna”.

“Mohon doa utk pemulihan nasida (mereka). Sai tumibu ma salpu  covid 19 on (berharap Covid – 19 ini berlalu – red). Songon ima jolo informasi sian au (begitulah dulu informasi dari kami). Horas!,” tandasnya.

Salah satu anggota DPRD Tapanuli Utara dari PKP Indonesia Timnas Saut Parulian Sitompul membenarkan bahwa kondisi di Kecamatan Garoga hingga saat ini dilakukan lockdown pencegahan Covid – 19.

“Benar, dikecamatan itu saat ini dilakukan lockdown, kita berharap gugus tugas Covid – 19 dapat bekerja dengan baik disana,” singkatnya ketika dihubungi Nusantartop.com melalui seluler.(red)

Editor : Pahotan MH

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.