Portal Berita Hari Ini

Lahan Tidur 3 Sampai 5 Ratus Hektar di Pesisir Langkat Harap ‘Disulap’ Jadi Mangrove

Langkat, Nusantaratop – Kelompok masyarakat dan politikus di Kabupaten Langkat meminta agar lahan tidur pesisir pantai berkisar 300 – 500 hektar (ha) difungsikan dengan baik yang berada di desa Sei Meran, kecamatan Pangkalan Susu, provinsi Sumatra Utara.

Hal itu bertujuan demi menunjang program pemerintah serta perekonomian masyarakat pesisir nelayan di Kabupaten Langkat

“Sekitar 300 – 500 ha sagat perlu penghijauan berupa penanaman hutan bakau/mangrove. Apabila ini terlaksana, nelayan sangat diuntungkan dengan baik  dan dapat menambah pendapatan penghasilan buat nelayan Langkat,” ujar Ketua Kelompok Mangrove Bersama Kabupaten Langkat, Dudi Ariadi.

Dudi berharap kelompoknya itu dapat diperdaya melaui kegiatan tanam bibit hutan mangrove di Kabupaten Langkat.

Hal senada disampaikan Ketua PKP Langkat Parsaoran Butarbutar mengatakan PKP juga mengarakan lahan tidur yang berkisar 300-500 ha itu segera dikelolah dengan baik.

“Ini akan kita pantau terus, dan mudah-mudahan kita akan lakukan audensi dengan baik ke dinas Lingkungan Hidup di Pemkab Langkat,” sebutnya.

“Selain menambah perekonomian masyarakat, hutan Mangrove juga berguna melidungi masyarakat pesisir pantai dari terjangan arus ombak,” jelas Parsaoran.

Warga dusun I Sungai, Surisma Wati juga beraharap lahan itu dapat dipergunakan demi menambah pundi-pundi warga di desa Sei Meran, Kecamatan Pangkalan Susu.

“Apabila tanam hutan bakau (Mangrove) terlaksana, kami warga Desa Sei Meran mohon pada pelaksana penanaman kiranya tenaga kami diperdayakan,” pinta Surisma.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Sei Meran Mhd. Taufik Tarigan juga menyampaikan desanya yang miliki 5 dusun itu sangat diapresisasi melalui program penghijauan hutan Mangrove.

“Areal pembiitan hutan mangrove di desa kita lebih kurang 300-500 ha dan itu kan sangat luas. Kita juga berharap lahan itu dipergunakan dengan baik,” ungkap Kades Sei Meran (red/hsn)

Laporan : Husni

Editor    : Pahotan

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.