Portal Berita Hari Ini

Partisipasi Pemilu 2020 Meningkat Jadi 76,09%, Hampir Mengenai Target!!

Medan, Nusantaratop – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra mengatakan tingkat partisipasi Pemilu 2020 meningkat jika dibanding pemilu sebelumnya tahun 2015. Dimana Pemilu sempat diragukan sebahagian masyarakat dalam masa pandemic COVID – 19.

“Pemilihan serentak tahun 2020 tingkat partisipasi banyak sekali masyarakat, para akademisi yang kemarin sempat meragukan kita untuk melaksanakan pemilihan. Tingkat partisipasi rendah dikarenakan kekuatiran masyarakat tidak bisa hadir langsung karena takut tertular atau terjangkit,” kata Ketua KPU RI dalam peresmian soft Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan dengan thema Dari Desa untuk Indonesia yang digelar secara luring dan daring, Jumat (20/8/20210) yang dimulai sekira pukul 14.00 WIB.

“Ketika pemilihan tahun 2020 yang lalu kemudian ini bisa kita jawab dengan memberikan Bimtek Bimtek, memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan kepada masyarakat juga kepada penyelenggara Pemilu agar dapat disosialisasikan,” tambahnya, yang dikutip Nusantaratop dari live streaming kanal youtube KPU RI.

Mengacu pada Pilkada pertama no 118 tahun 2015, sambung Ilham, yang tadinya hanya 69,35% namun pada pemilihan tahun 2020 parstispasi pemilih meningkat.

“Alhamdulillah, meningkat sebanyak 76,09%. Ini sebuah capaian kita yang baik, walaupun memang masih kurang sedikit lagi dari target yang kita siapkan yaitu 77,5% dengan segala dinamikanya dengan segala konsekuensinya dan dengan segala apa yang kita upayakan bersama,” ujarnya

Tak luput Ketua KPU RI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada provinsi, dan kabupaten/kota serta jajaran yang telah menyukseskan Pemilu tahun 2020.

Pembukaan Launching Soft Desa Desa Peduli Pemilu Dan Pemilihan ( Tangkapan Layar youtube KPU RI)

 

“Seperti kita ketahui bahwa salah satu tugas pokok penyelenggara pemilu dan pemilihan adalah memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat, kepada partai politik dan pemilu dan pemilihan lainnya tugas ini bukan hal yang mudah,” ucap Ilham

Ia berharap Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan dapat menyebar dapat memberikan efek positif kepada masyarakat lainnya. Ketua KPU RI mengajak pihaknya untuk bekerjasama dengan stakeholder di masing-masing daerah guna mencerdaskan para pemilih.

“Pemilihan cerdas, cenderung bersikap rasional mandiri yang bertanggungjawab, ketika ia menentukan pilihan politiknya. Jadi ia tidak berorientasi kepada kepentingan jangka pendek, kita bisa hindari kemudian money politic,” ujar Ilham Saputra.(red)

Editor : Pahotan

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.