Portal Berita Hari Ini

Tanggal 21 Juni Jadi Catatan Sejarah Negeri Ini, Wafat Presiden Soekarno Hingga Lahirnya Presiden Jokowidodo

Medan, Nusantaratop – Tanggal 21 Juni jadi bagian catatan tersendiri bagi sejarah negeri ini. Momen itu diantaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi) lahir dan Presiden pertama RI, Ir Soekarno wafat.

Berikut momen penting yang dirangkum tim Nusantaratop:

1961 – Presiden Jokowi Lahir

Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah tepat pada 21 Juni 1961. Kini, ia adalah Presiden RI ketujuh yang resmi menjabat sejak 20 Oktober 2014 dan memasuki periode keduanya hingga 2024 mendatang.

Dari berbagai sumber terungkap, Jokowi berasal dari keluarga sederhana. Bahkan, rumahnya pernah digusur sebanyak tiga kali, ketika dia masih kecil. Tetapi ia mampu menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada.

Setelah lulus, dia menekuni profesinya sebagai pengusaha mebel. Pesonanya melesat setelah terpilih menjadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005. Namanya kian dikenal.

“Saya bertemu dengan pembeli mebel dari Prancis bernama Bernard Chene. Dia yang memberi sebutan Jokowi untuk saya, untuk membedakan Joko Widodo dengan Joko-Joko lainnya yang banyak Beliau kenal. Sejak saat itu orang-orang lingkungan pengusaha mebel memanggil saya Jokowi,” kata Jokowi dalam unggahan YouTube Presiden Joko Widodo pada 12 April 2019..

Karier politiknya dimulai dengan menjadi Wali Kota Surakarta pada tahun 2005. Namanya mulai dikenal setelah dianggap berhasil mengubah wajah Kota Surakarta menjadi kota pariwisata, kota budaya, dan kota batik.

Jokowi, begitu ia kemudian biasa disapa, punya popularitas mencengangkan di kota kelahirannya. Ia hampir saja mengakhiri dua periode kepemimpinan seandainya pada pertengahan Oktober 2012 PDIP tak menawarinya maju sebagai kandidat Gubernur DKI Jakarta.

Kendati bukan orang Betawi, Jokowi sukses merengkuh jabatan orang nomor satu di Ibu Kota. Popularitasnya terus naik hingga pada 20 Oktober 2014, 2 tahun setelah jadi gubernur, namanya keluar sebagai pemenang pemilihan presiden (pilpres). Bersama Jusuf Kalla sebagai cawapres, ia mengalahkan pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa dengan beroleh suara 69,58 persen.

Lima tahun kemudian ia kembali mengalahkan Prabowo yang berpasangan dengan Sandiaga Uno. Kali ini didampingi oleh Ma’ruf Amin sebagai Wapres. Jokowi pun jadi orang kedua sepanjang sejarah yang berhasil memenangkan dua pilpres secara langsung di Indonesia, setelah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kesuksesan Jokowi itu tidak datang dari ruang kosong. Ia sukses menyita perhatian publik dari satu pilkada ke pilkada lain, dari satu pemilu ke pemilu lain berkat citranya sebagai orang sederhana. Citra itu didapat Jokowi karena sejak kecil hidupnya memang serba apa adanya.

“Joko bersama adik-adiknya itu nrimo (mau menerima keadaan). Mereka tak pernah ini itu. Joko itu orangnya memang ngemong adik-adiknya,” papar Sujiatmi seperti dicatat Yon Thayrun dalam Jokowi: Pemimpin Rakyat Berjiwa Rocker (2012).

Kini, kepopuleran Jokowi masih tinggi dibanding figur lainnya. Namun periodeisasinya sebagai presiden sudah berakhir. “Happy birthday pak Jokowi.”

 

1970 – Presiden RI Ke-1 Soekarno Wafat

Presiden Republik Indonesia pertama, Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1901 dan wafat di Jakarta pada 21 Juni 1970 pada usia 69 tahun. Kesehatan Soekarno sudah mulai menurun sejak bulan Agustus 1965.

Sebelumnya, ia telah dinyatakan mengidap gangguan ginjal dan pernah menjalani perawatan di Wina, Austria tahun 1961 dan 1964. Prof. Dr. K. Fellinger dari Fakultas Kedokteran Universitas Wina menyarankan agar ginjal kiri Soekarno diangkat, tetapi ia menolaknya dan lebih memilih pengobatan tradisional.

Ia bertahan selama 5 tahun sebelum akhirnya meninggal pada hari Minggu, 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.(red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.