Portal Berita Hari Ini

Motor Penjelajah China Perdana Mendarat di Planet Mars

Beijing, Nusantaratop – Motor penjelajah milik China telah melakukan pendaratan di planet Mars  pada hari Sabtu, pukul 10.40 siang waktu Beijing (0240 GMT). Motor tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh melaui remot kontrol.

Pendaratan itu menjadikan China sebagai negara pertama yang mengorbit, mendarat, dan mengerahkan kendaraan darat dalam misi perdananya ke Planet Merah.

Menurut akun media sosial resmi Tiongkok motor penjelajah itu dinamai  Zhurong yang  diambil dari mitos dewa api Tiongkok.

China bulan ini bergabung dengan Amerika Serikat sebagai satu-satunya negara yang mengerahkan kendaraan darat di Mars. Bekas Uni Soviet mendaratkan pesawat pada tahun 1971, tetapi kehilangan komunikasi beberapa detik kemudian.

Motor Zhurong yang memiliki berat 240 kg (530 pon) itu memiliki enam instrumen ilmiah termasuk kamera topografi resolusi tinggi. Kamera itu disebut akan mempelajari permukaan tanah dan atmosfer planet.

Didukung oleh energi matahari, Zhurong juga akan mencari tanda-tanda kehidupan kuno, termasuk air dan es di bawah permukaan, menggunakan radar penembus tanah selama 90 hari eksplorasi permukaan Mars.

Zhurong akan bergerak dan berhenti dalam interval lambat, dengan setiap interval diperkirakan hanya 10 meter (33 kaki) selama tiga hari.

“Lambatnya kemajuan penjelajah itu karena pemahaman yang terbatas tentang lingkungan Mars, jadi mode kerja yang relatif konservatif dirancang khusus,” kata Jia Yang, seorang insinyur yang terlibat dalam misi tersebut, kepada China Space News seperti dilansir Nusantaratop dari Reuters, Minggu (23/5/2021).

Misi penejlajah itu, Jia mengatakan dia tidak akan mengesampingkan langkah yang terburu-buru di tahap selanjutnya dan itu tergantung pada status operasionalnya.

Masih kata Jia, penjelajah itu dirancang untuk menjadi sangat otonom karena jarak ke Mars 320 juta km (200 juta mil).

“Berarti sebuah sinyal membutuhkan waktu 40 menit untuk melakukan perjalanan dua arah, menimbulkan rintangan untuk kontrol penjelajah secara real-time,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, temperatur Mars juga menjadi masalah, penurunan malam hari hingga minus 130 derajat Celcius (minus 200 derajat Fahrenheit) membekukan karbon dioksida, menutupi tanah yang tidak rata dengan lapisan es kering – risiko medan bagi penjelajah.

China Space News menjelaskan, Zhurong memiliki sistem suspensi otomatis yang dapat mengangkat dan menurunkan sasisnya hingga 60 sentimeter (2 kaki). Mesin tersebut merupakan satu-satunya motor penjelajah yang memiliki kemampuan seperti itu.

Kendaraan penjelajah dilapisi oleh pelat nano-aerogel untuk melindungi tubuhnya dari hawa dingin.(red/reuters)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.