Portal Berita Hari Ini

Pekerja Proyek Saat Balik Arah Ditembaki KKB, Dilaporkan 5 Orang Tewas

Jayapura, Nusantaratop – Sebanyak 5 warga pekerja proyek tewas akibat penembakan yang dilakukan oleh teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua.

Hal itu dikatakan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa, Jumat (25/6/2021). Ia menyebut puluhan anggota KKB terlibat dalam penyerangan yang dilakukan KKB Kali I dipimpin oleh Tendius Gwijangge. Mereka memiliki 2 senjata api /laras panjang.

“Korban dihadang oleh kelompok KKB Kali I dengan jumlah 30 orang, dengan menggunakan alat tajam berupa anak panak, kampak, parang, samurai, dan dua orang dari kelompok tersebut membawa 2 (dua) pucuk senjata api laras panjang,” kata Ahmad seperti dilansir dari detikcom, Jumat (25/6/2021).

“Selanjutnya terdengar dari pimpinan kelompok tersebut mengatakan bahwa ‘laksanakan operasi dan periksa mereka’,” sambung Ahmad.

Sebelum penembakan, sekira pukul 09.00 WIT, karyawan PT Sinama melakukan aktivitas setiap untuk pengerjaan proyek pembangunan Jembatan Kali Kuk, Kampung Samboga, Distrik Seradala, Yahukimo.

Saat mengambil material proyek dari Camp Kali Kuk, Kampung Samboga, karyawan ini melintasi jembatan Kali I, Kampung Samboga, Distrik Seradala. Di lokasi inilah penghadangan dilakukan.

Melihat penghadangan itu, para pekerja ini mencoba mundur ke belakang untuk memutar dan kembali ke arah Camp Kali Kuk. Dalam upayanya itu, anggota KKB menembaki kendaraan mereka.

“Bersamaan dengan bunyi tembakan laras panjang dari arah depan korban yang mengakibatkan kaca depan retak tembus ke belakang akibat terkena proyektil senjata api tersebut,” ucapnya.

Mereka kemudian menuju ke Kampung Bingki untuk berkumpul sesama karyawan dan masyarakat Kampung Bingki. Sore harinya, pihak Polres Yahukimo mendapatkan informasi warga atas nama Obaja Ang ditembak oleh teroris KKB pimpinan Tendius Gwijangge.

Ahmad Mustofa mengatakan terkait isu adanya penyanderaan kepada 4 orang warga lainnya oleh kelompok KKB masih dalam penyelidikan mereka.

“Pelaku diduga merupakan KKB pimpinan Tendius Gwijangge alias Tendinus Murib. Saat ini personel gabungan masih melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap KKB,” tegasnya.(red/dtc)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.