Portal Berita Hari Ini

Untuk Sumber Pangan Warga, Babinsa Bantu Petani Semprot Lahan Palawija

NUSANTARATOP.COM – TAPTENG : Dalam upaya meningkatkan sumber pangan dan penghasilan warga diwilayah binaan, Kopda M. Daud bantu petani menyiapkan lahan untuk ditanami palawija, dengan cara membantu menyemprotkan cairan Roundup untuk pembasmi rumput dan gulma. Bertempat di Desa Tebing Tinggi, Kec. Sukabangun, Kab. Tapanuli Tengah.

Pandemi yang masih melanda hingga saat ini, membuat perekonomian masyarakat turun drastis. Banyak warga yang terpaksa bekerja serabutan untuk menghidupi keluarga. Maka dari itu, penghasilan dari sektor pertanian perlu diperhatikan, seperti bercocok tanam sayuran.

Atas dasar itu, Kopda M. Daud membatu petani menyiapkan lahan untuk menanam sayuran. Sembari menyemprot, Babinsa Koramil 04/Pinangsori itu memberi motivasi dan pemahaman tentang upaya upaya khusus untuk meningkatkan hasil panen sayuran yang tengah dipersiapkan.

“Kita kerap memberikan pengetahuan tentang cara bercocok tanam kepada petani agar panen meningkat, mulai dari cara pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, hingga masa penen, termasuk pemberian pupuk yang seimbang,” kata Kopda M. Daud, Jumat (28/1/2022).

Pemilik lahan, Harisman Pardosi mengaku termotivasi dan memiliki semangat atas kehadiran Babinsa dilahan miliknya itu.
Dimana Babinsa banyak memberi pengetahuan tentang cara bercocok tanam sayuran yang benar, agar panen dapat meningkat. Ia menuturkan bahwa rencananya akan menanam sayuran berupa sawi, kangkung cabut, bayam dan cabai dilahan tersebut.

Terkait hal itu, Dandim 0211/TT Letkol Czi Mangatas Pandapotan Sibuea SH.,M. Han melalui Danramil 04/Pinangsori Kapten Chb Firman Sitompul menyebutkan, Babinsa jajaran wajib memberi motivasi dan semangat terhadap petani diwilayah binaannya, agar kebutuhan pangan warga dapat terpenuhi.

“Babinsa harus bersinergi dengan pihak terkait, yakni PPL untuk bersama sama memberi pengetahuan tentang upaya upaya khusus cara bercocok tanam palawija, sehingga hasil panen petani dapat meningkat,” sebut Danramil.

Lebih lanjut Danramil mengatakan, apabila sumber pangan warga tercukupi dengan baik, maka kesejahteraan masyarakat di wilayah akan dapat terwujud.

Laporan : Benny

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.