Portal Berita Hari Ini

Paus Fransiskus Bakal Bertandang ke Lebanon

Kota Vatikan, Nusantaratop  – Paus Fransiskus telah mengundang perwakilan komunitas Kristen Lebanon ke Vatikan untuk merencanakan pemberangkatannya ke Lebanon pada tanggal 1 Juli ini. Hal itu disampaikan Paus Fransiskus saat pemberkatan Minggu siang (30/5/2021)

Terlebih dulu Paus meminta doa untuk Lebanon agar negara itu dapat menikmati masa depan yang lebih baik. Paus Fransiskus menambahkan tujuan kunjungannya untuk berdoa bersama dalam anugerah perdamaian dan stabilitas Lebanon.

Dilansir dari AP, Lebanon telah mengalami krisis keuangan, ekonomi, dan politik yang tak tertandingi selama berbulan-bulan sejak pasca ledakan besar di pelabuhan Beirut pada 4 Agustus 2020. Ditambah lagi keterpurukan pandemi virus korona.

Pada saat itu sebelumnya Paus Fransiskus telah bertemu dengan Perdana Menteri Saad Hariri pada bulan April di Vatikan. Dalam pertemuan itu agar mendesak semua pemimpin politik Lebanon untuk segera berkomitmen dalam kepentingan bangsa.

Orang-orang menghadiri doa siang Paus Francis Angelus di Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, Minggu, 30 Mei 2021. (Foto AP / Andrew Medichini)

 

Menurut sistem pembagian kekuasaan Lebanon, presiden harus seorang Kristen Maronit dan ketua parlemen seorang Muslim Syiah, sedangkan perdana menteri harus seorang Sunni.

Karena kebuntuan politik, negara berpenduduk 6 juta itu hingga kini berdiri tanpa pemerintahan kabinet dan kebanyakan mengundurkan diri beberapa hari setelah pasca ledakan besar di pelabuhan Beirut pada 4 Agustus yang menewaskan 211 orang, melukai lebih dari 6.000 orang dan merusak seluruh lingkungan di Lebanon.

Mata uang nasional Lebanon juga kehilangan hampir 85% dari nilai dolar terhitung sejak akhir 2019. Harga barang untuk kebutuhan pokok melonjak yang hanya bergantung pada impor.

Dalam pertemuannya dengan Hariri, Paus Fransiskus menegaskan kembali keinginannya untuk mengunjungi Lebanon segera setelah kondisinya memungkinkan. Pertemuan 1 Juli itu, agaknya, akan menjadi kesempatan bagi Paus untuk mengungkapkan solidaritasnya sekarang, mengingat kunjungan dalam waktu dekat tidak memungkinkan.(red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.